Penipuan, Polisi Akan Sebar Cek Palsu

oleh
230 Kali Dibaca

BANGKO – Penipuan dengan modus meninggalkan Cek Palsu kini meraja lela. Berbagai lapisan masyarakat baik sipil dan kepolisian nyaris menjadi korban penipuan ala Cek yang bernilai miliran.
Menindak lanjuti hal ini, Kapolres Merangin AKBP Munggaran mengatakan pihaknya akan memperbanyak cek tersebut dengan cara di copy. Selanjutnya, copy-an cek tersebut nantinya akan disebar ke pusat-pusat keramaian dan pemukian serta tempat belanja. Pada copy-an cek tersebut ada imbauan bahwa cek seperti ini adalah modus penipuan. Tindakan ini dilakukan agar tidak ada lagi masyarakat Merangin yang tertipu akibat iming-iming upah mengembalikan Cek Palsu tersebut.
“Ini murni penipuan, kita minta masyarakat agar tidak tertipu jika menemukan cek ini didepan rumah atau dijalan,” jelasnya Munggaran.
Kapolres menyebutkan penipuan dengan modus menyebarkan cek palsu ini sudah marak terjadi di Merangin. Untuk itu pihaknya tidak akan tinggal diam dalam mencegah adanya korban penipuan di masyarakat. “Modus penipuan ini pelakunya bisa saja dari luar pulau Sumatera. Kita akan berkoordinasi lebih lanjut atas modus penipuan ini,” tegas Kapolres.
Kapolres kembali mengingatkan dan menghimbau masyarakat agar tetap waspada dengan berbagai modus penipuan. Pasalnya, penipuan yang dilakukan oleh pelaku-pelaku tersebut biasanya mengiming-imingi upah jasa atas ditemukannya cek tersebut. Namun sebelum mengirimkan upah jasa, pelaku terlebih dahulu meminta agar korban mengirimkan uang dalam jumlah jutaan dengan modus keperluan mendadak.
“Masyarakat saya himbau untuk tetap waspada dengan berbagai motif penipuan baik menggunakan cek yang berada di depan pintu rumah ataupun modus-modus lainnya,” sebutnya. (vio)