Dua Kursi Pimpinan DPRD Merangin Kosong

oleh
346 Kali Dibaca

MERANGIN-Pelaksanaan rapat paripurna DPRD Merangin, masih saja diwarnai dengan kursi kosong. Pemandangan itu terlihat pada paripurna LKPJ APBD Merangin tahun 2016 yang dilaksanakan Jum’at, 4 Agustus 2016.

Kursi kosong tersebut tidak hanya terlihat di kursi para tamu undangan dari unsur OPD Pemkab Merangin saja, melainkan juga terlihat dari kursi yang biasanya diduduki oleh anggota Dewan. Dari 35 anggota dewan, hanya 25 anggota Dewan yang hadir pada paripurna tersebut. Sisanya hanya ada kursi kosong.

Pemandangan tak sedap juga terlihat pada mimbar utama paripurna. Dari lima kursi kehormatan tersebut, hanya diduduki oleh Ketua DPRD Merangin dan Wakil Bupati Merangin, terkecuali kursi Sekwan yang terus berisi pada setiap paripurna. Diketahui, kursi yang biasanya diduduki oleh Bupati Merangin terlihat kosong lantaran H Al Haris menjalani medical cek di RSUD Kol Abundjani Bangko.

Namun untuk dua kursi kehormatan lainnya yakni yang diduduki oleh Wakil Ketua DPRD Isnedi dan Wakil Ketua DPRD Fauzi Yusuf tampak tak berpenghuni. Kondisi ini sempat diragukan oleh anggota DPRD yang mengikuti paripurna. Bahkan sebelum pimpinan paripurna Zaidan memulai rapat. Anggota DPRD Merangin langsung mengajukan intruksi. Kali ini intruksi diutarakan oleh anggota DPRD Badri Husin. Dikatakannya sesuai dengan agenda yakni penyampaikan pandangan akhir fraksi LKPJ APBD 2016 dan Ranperda, tentunya membutuhkan persetujuan dari semua unsur pimpinan.

“Apakah nanti setelah paripurna ini digelar ketidakhadiran dua unsur pimpinan itu mau menyetujui dan menandatangani hasil paripurna ini. Sebab jangan sampai kerja keras kita disini menjadi sia-sia dan menimbulkan hal-hal yang tak diinginkan setelah ini,” intruksi politisi Nasdem ini.

Ketua DPRD Merangin yang menjadi pimpinan paripurna langsung menyatakan jika hal ini nantinya akan dikoordinasikan oleh Sekwan.”Nanti Sekwan akan koordinasikan ke yang bersangkutan,” tegas Zaidan.

Meski demikian paripurna tersebut tetap dilanjutkan dan di skor hingga pukul 14.00 lantaran memasuki waktu ibadah Jum’at. Pada paripurna ini, baru dua fraksi yang menyampaikan pandangan akhir yakni fraksi PDIP, Gerinda-PAN dan fraksi Nasdem. Tiga fraksi ini menerima dan menyetujui LPKJ APBD Merangin 2016. (fjea)