Kereta Api Ujung Tanjung ‘Nasib Mu Kini’

oleh
1K Kali Dibaca

MERANGIN – Fasilitas kereta api yang berada di Ujung Tanjung Muara Masumai Pasar Bawah Bangko, kini memprihatinkan. Fasilitas yang diyakini milik Pemerintah Kabupaten Merangin itu tak lagi terawat. Buktinya, sejumlah fasilitas yang ada di kereta api tersebut hanya menyisakan bagian depan saja. Sementara sejumlah gerbong yang biasanya berdiri kokoh dilokasi tersebut sudah hilang. Saat ini hanya menyisakan besi rongsokan.

Kondisi ini tentu sangat disayangkan, padahal aset milik Pemkab Merangin itu semestinya sudah bisa dimanfaatkan mengingat Ujung Tanjung Muara Masumai menjadi salah satu lokasi pilihan warga untuk bersantai. “Tidak tahu juga pak, dulu memang ada gerbong dan tempat-tempat untuk duduk-duduk di kereta api ini. Sekarang sudah tidak ada lagi. Ya disayangkan lah, kok dibiarkan saja,” sebut Joni salah satu warga yang kebetulan duduk di Ujung Tanjung.

Selain itu, Tokoh Masyarakat Bangko Masduki juga sangat menyayangkan tidak adanya perhatian pemerintah terhadap fasilitas tersebut. Menurut informasi yang didapatnya, sejumlah fasilitas di Kereta Api itu diambil oleh orang tak dikenal. “Harusnya ini jadi perhatian pemerintah, jangan dibiarkan. Tuh buktinya kereta api yang jadi aset itu tak diurus. Sementara potensi disitu cukup bagus,” ungkapnya.

Ia meminta agar Pemerintah cekatan dalam memanfaatkan serta menjaga aset yang ada di Merangin. Jika memang tidak mampu mengelola atau menjaga tentunya harus ada langkah-langkah lain yang dilakukan. “Jangan dibiarkan terbengkalai saja,” tegasnya.

Informasi yang dihimpun, dulunya Kereta Api Ujung Tanjung ini pernah dimanfaatkan oleh warga sebagai lokasi makan dan minum. Saat itu gairah di Ujung Tanjung cukup aktif dan terus menunjukan tren positif. Tetapi saat ini tak lagi diperhatian. (fjea)