Dukcapil Bidik Pelayanan Rekam Data ke Sekolah

oleh
332 Kali Dibaca

MERANGIN – Pelayanan administrasi kependudukan kini kembali dilakukan, gebrakan baru untuk memfasilitasi pemiliih pemula, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Merangin mulai menggarap para pemilih pemula.
Buktinya beberapa hari terakhir, Tim Dukcapil Merangin mangkal ke SMAN 6 Merangin. Tidak hanya melakukan sosialisasi. Tim Dukcapil juga memboyong peralatan perekaman kependudukan. Tak ayal, para pelajar yang sudah cukup usia langsung melakukan perekaman data.
Tindakan ini, menjadi langkah Pemerintah Kabupaten Merangin dalam melibatkan dan partisipasi para pemilih pemula pada Pilkada, dan Pemilu mendatang. Kepala Dukcapil Merangin, Jailani mengatakan langkah ini guna mencapai target perekaman data dalam rangka persiapan partisipasi pemilih pemula pada Pilkada dan Pemilu yang akan dilaksanakan.
“Untuk itu, kita lakukan jemput bola dengan melaksanakan perekaman keliling ke sekolah-sekolah,” ujarnya.
Untuk saat ini, sebut Jailani pihaknya masih fokus memberikan perekaman kependudukan ke SMAN 6 Merangin. Kemudian selanjutkan akan dilakukan perekaman ke sekolah lainnya di wilayah Kota Bangko. Lantas bagaimana pelayanan jemput bola di kecamatan? Jailani menyebutkan jika pelayanan ditingkat kecamatan tetap dilakukan dengan mendatangi sekolah-sekolah. Namun bagi peralatan perekaman kependudukan yang masih berfungsi bisa langsung melayani di sekolah. Tetapi bagi peralatan yang mengalami kendala, hal itu akan dilakukan langsung oleh Tim Dukcapil.
“Kita targetkan 29 Ribu warga dilakukan perekaman hingga akhir Desember 2017 ini,” tegasnya.
Meski melakukan jemput bola ke lapangan, Jailani juga memastikan jika pelayanan perekaman dan pencetakan KTP di Kantor Dukcapil tetap dilakukan. “Meski kita menurunkan tim ke sekolah atau kecamatan, pelayanan perekaman kependudukan di Kantor Dukcapil tetap bisa dilaksanakan. Giat ini tidak akan menggangu proses pelayanan kependudukan di Kantor Dukcapil,” pungkas Jailani. (fjea)

REDAKTUR : Violet_24