Wah, Ada Tim Khusus di Bina Marga PU

oleh
351 Kali Dibaca

MERANGIN – Memantau serta menerima pengaduan masyarakat terkait kondisi infrastrukur di Merangin, Bidang Bina Marga Dinas PUPR Merangin melakukan terobosan baru. Melalui ide kreatif dari personil, kini Bina Marga PUPR Merangin sudah memiliki Tim khusus.

Tim tersebut berupa Unit Layanan Pengaduan Jalan Kabupaten serta Tim Reaksi Cepat (TRC). Dua lini organisasi ini dibentuk untuk lebih memfasilitasi semua informasi atau pengaduan terkait kondisi atau kerusakan infrastruktur di Merangin.

“Ini langkah dan terobosan baru yang dilakukan Tim Bina Marga. Tim ini dibentuk untuk lebih memfasilitasi informasi dari semua masyarakat Merangin terkait kerusakan jalan dan jembatan,” ungkap Kepala Dinas PUPR Merangin M Arief melalui Kabid Bina Marga Aspan.

Untuk pengaduan kerusakan jalan masyarakat sebutnya, bisa mendatangi posko Unit Pelayanan di Bidang Bina Marga atau ke SMS Center 0821-76567129. Unit ini tetap dan selalu siap selama hari kerja untuk melayani semua pengaduan terkait kerusakan infrastruktur jalan dan jembatan.

Terobosan ini tentu menjadi tindak lanjut dan gerak cepat Dinas PUPR Merangin dalam merespon intruksi Bupati Merangin pada HUT PU lalu. Lebih lanjut, Aspan menjelaskan usai laporan pengaduan masyarakat diterima dan dikaji, maka tindak lanjut lapangan akan dilakukan oleh Tim Reaksi Cepat (TRC). “TRC ini bagian dari Unit layanan dan tim ini yang melakukan pengecekan dan analisa teknis dilapangan yang nantinya berujung pada penanganan-penanganan kerusakan jalan dan jembatan yang terjadi. TRC ini akan diketuai oleh Efri,” jelasnya.

Diakui Aspan, tentunya tidak semua yang dilaporkan warga tersebut langsung diperbaiki. Sebab TRC yang nanti akan melihat kebutuhan, apakah masuk dalam kategori mendesak. “Jika mendesak tentu akan kita lakukan dengan kegiatan rutin di Bina Marga, kalau ternyata masuk dalam kategori berat akan kita anggarkan di tahun berikutnya. Ujung tombak penanganan pengaduan masyarakat ini berada di TRC Bina Marga,” sebut Aspan.

Dengan dibentuknya unit ini, Aspan berharap seluruh pengaduan kerusakaan jalan dan jembatan di Merangin secara utuh dapat terangkum. Hal ini juga dalam rangka melakukan tindakan dan kinerja cepat untuk melakukan percepatan pembangunan di Merangin sesuai dengan intruksi Bupati Merangin H Al Haris. (coy)

Redaktur : Fia_24