Puskesmas Pematang Kandis Terus Tingkatkan Pelayanan Kesehatan

oleh
915 Kali Dibaca

MERANGIN – Keberadaan Puskesmas Pematang Kandis di jantung Kota Bangko menjad perhatian bagi banyak masyarakat. Perlahan-lahan saat ini pihak Puskesmas Pemantang Kandis yang dipimpin dr Sephelio ini terus menujukan tren positif dalam peningkatan pelayanan kesehatan bagi masyarakat.
Buktinya, beberapa waktu lalu Puskesmas Pematang Kandis ternyata masuk dalam survei yang dilakukan pihak Lembaga Survei Indonesia (LSI). Meski belum merilis hasil resminya, namun pihak Puskesmas mendapatkan beberapa item hasil penilaian yang dilakukan LSI. Puskesmas Pematang Kandis ini mendapatkan nilai tertinggi 78,88 dengan item Unit Pelayanan. Selain itu unsur pelayanan dengan nilai tertinggi yakni kejelasan petugas pelayanan serta keamanan pelayanan. Namun secara rata-rata keseluruhan item pelayanan dan petugas pelayanan di Puskesmas Pematang Kandis mendapatkan predikat baik.
“Kita tidak tahu kapan LSI melakukan survei. Data ini kita dapat dari salah satu keluarga staf kita yang kebetulan ikut dalam presentasi hasil LSI di Hotel Suslinda beberapa waktu lalu,” kata Kepala Puskesmas Pematang Kandis, dr Sephelio.
Disatu sisi, hasil survei yang rata-rata berpredikat baik tersebut kata Sephelio merupakan cambuk bagi pihak Puskesmas. Hal itu dalam artian selain mendapatkan rasa bangga dengan kinerja yang dilakukan, kondisi ini juga menutut pihaknya terus meningkatkan pelayanan dan melakukan inovasi dalam bekerja dan berkarya untuk kesehatan masyarakat.
“Tentu hasil LSI ini menjadi acuan kita untuk lebih giat bekerja, berinovasi dan berkarya dalam melayani kesehatan masyarakat,” jelasnya.
Di tahun ini, dikatakan Sephelio, pihaknya mulai melangkah menjadikan Puskesmas Pematang Kandis sebagai Badan Langsung Usaha Daerah (BLUD), kemudian juga akan melakukan peningkatan akreditasi serta Sumber Daya Manusia (SDM) dan membuka pelayanan kesehatan gigi 24 jam. Di tahun 2017, empat tenaga pelayanan Puskesmas Pematang Kandis berhasil menjadi tenaga teladan. Tenaga teladan itu terdiri dari dokter gigi, perawat Kesling, perawat gigi dan perawat Labor. Selain mewakili Merangin di tingkat Provinsi Jambi, tenaga teladan ini juga mewakili Provinsi Jambi ke tingkat Nasional.
Selanjutnya, untuk urusan pengelolaan keuangan, Kepala Puskesmas menyebutkan jika di tahun 2016 lalu, pihaknya mendapatkan predikat nomor dua terbawah se Puskesmas di Merangin. Namun pada tahun 2017, berhasil menjadi Puskesmas yang terbaik dalam hal pengelolaan dan pelaporan keuangan. Untuk pelayanan kesehatan saat ini, ia menyampaikan Puskesmas ini sudah memiliki empat ruang rawat inap VIP dan empat rawat inap umum. Adanya fasilitas ini menjadi pemicu peningkatan pelayanan kesehatan yang dilakukan.
“Kita akan terus berinovasi, bekerja dan berkarya. Kita ada disini untuk melayani masyarakat dan kita akan terus meningkatkan kualias pelayanan sehingga Puskesmas Pematang Kandis menjadi Puskesmas percontohan dan menjadi kebanggaan di Merangin,” harapnya. (boy/coy)

REDAKTUR : Fia_24