Rp 97,3 Milyar, APBN Duet APBD Provinsi Jambi Untuk Merangin

oleh
669 Kali Dibaca

MERANGIN – Pemerintah Kabupaten Merangin melalui Dinas PUPR Bidang Bina Marga, terus bekerja menyelesaikan infrastruktur jalan dan jembatan di Merangin. Buktinya, pada tahun ini,  Bidang Bina Marga Dinas PUPR berhasil mendapatkan kucuruan Rp 43,3 Milyar dari APBD Provinsi Jambi.  Dana tersebut akan digunakan untuk pembangunan tujuh item.  Diantaranya penanganan longsor jalan Simpang Pulau Rengas-Muara Siau-Dusun Tuo-Jangkat sebesar Rp 5,5 Milyar, jalan Muara Siau-Dusun Tuo-Jangkat Rp 5,5 Milyar, jalan Simpang Margoyoso-Sumber Agung-Air Hitam Rp 9,2 Milyar, Jalan Air Hitam-Simpang Jelatang dengan anggaran Rp 4,5 Milyar. Kemudian pembayaran eskalasi jalan Simpang Pulau Rengas-Ma Siau-Dusun Tuo-Jangkat (multiyears) Rp 3 Milyar, pembangunan jembatan Muara Kelukup sepanjang 25 meter dengan anggaran Rp 7,5 Milyar, serta pembangunan jembatan gantung Tanjung Benuang sepanjang 25 meter dengan nilai anggaran Rp 8 Milyar.

 “Saat ini alokasi bantuan dari APBD Provinsi Jambi sebesar Rp 43,3 Milyar akan digunakan untuk penanganan tujuh item.  Sekarang kegiatan itu sedang dalam proses tender, ” kata Kabid Bina Marga Dinas PUPR Merangin,  Aspan

Khusus untuk alokasi APBN di tahun 2018 ini,  Aspan mengatakan APBN mengelontorkan dana Rp 54 Milyar. Dana tersebut dimanfaatkan untuk kegiatan penanganan longsoran Sungai Manau  1 titik sepanjang 300 meter dengan anggaran Rp 10,7 Milyar, pembangunan jalan batas kota Bangko-batas Kabupaten Merangin/Kabupaten Sarolangun sepanjang 3,2 KM dengan anggaran Rp 19.1 Milyar, preservasi jalan batas kota Bangko-batas Kabupaten Sarolangun/Merangin sepanjang 8.80 KM dengan anggaran Rp 5,2 Milyar, preservasi jalan Bangko-Sanggaran Agung sepanjang  5,1 KM dengan pagu anggaran Rp 8.8 Milyar. Dan jalan Sungai Manau –Batas Kerinci sepanjang 1.5 KM dengan anggaran Rp 72.5 Juta. Terakhir penanganan objek wisata geopark Merangin, Merkeh-Air Batu dengan pagu anggaran Rp 10 Milyar.

“Selain alokasi APBN tadi,  kita masih menunggu bantuan Rp 70 Milyar lagi, ” sebutnya. 

Dana tersebut akan digunakan untuk kegiatan pembangunan tiga jembatan gantung dan satu duplikat jembatan Merangin. Kemudian juga akan mengucur dana penanggulangan bencana.

  “Alokasi dari APBN tahun 2018 masih dalam proses.  Sesuai informasi kegiatan itu akan dilaksanakan pada April mendatang. Untuk kegiatan APBD Provinsi Jambi dan enam item dari APBN sedang proses tender. Alhamdulillah,  dengan kegiatan ini pembangunan infrastruktur yang berskala besar bisa kita laksanakan di Merangin,” tutup Aspan. (jea) 

Redaktur : Fia_24