Asyik,  Petani Bakal Terima Handtraktor Gratis

oleh
589 Kali Dibaca

MERANGIN – Untuk meningkatkan kualitas dan mempermudah para petani sawah dalam mengelola sawahnya. Kementrian Pertanian dan Holtikutura memberikan bantuan langsung kepada petani. Bantuan itu berupa Handtraktor yang akan disalurkan oleh Dinas Pertanian dan Holtikutura Kabupaten Merangin. Kali ini bantuan handtraktor itu mencapai 30 unit.

Kepala Dinas Pertanian dan Holtikutura Merangin Rumusdar melalui Kasi Alsintan Hj Lieslussritati menyebutkan jika memang ada 30 unit handtraktor bantuan dari pemerintah pusat melalui pemerintah provinsi Jambi untuk para petani sawah di Kabupaten Merangin. “Kita dapat bantuan 30 unit handtraktor dari pemerintah pusat melalui pemerintah provinsi Jambi dan ini pun masih kurang,” tutur wanita yang akrab disapa Lis ini.

Sebagai bentuk kepedulian pemerintah terhadap para petani di Merangin, bantuan handtraktor ini diberikan secara gratis. Namun untuk mendapatkan bantuan handtraktor ini para kelompok tani harus mengajukan permohonan melalui penyuluh, UPTD dan dinas kabupaten nanti akan menjembatani ke tingakat provinsi dan pusat. “Untuk mendapatkan bantuan handtraktor ini petani tidak dipungut biaya. Tetapi sebelumnya harus mengajukan proposal permohonan melalui PPL, UPTD dan Dinas Pertanian,” rincinya. 

Sementara itu, terpisah para petani yang bernaung dalam salah satu kelompok tani sangat berterimakasih. Hal itu diungkapkan oleh Ketua Kelompok Tani Putra Rasau, Sis Sumanto. Dia menyebutkan jika saat ini sudah mendapatkan bantuan handtraktor dari pemerintah pusat. 

“Handtraktor ini sangat bermanfaat bagi kami petani, sehingga bisa cepat membajak sawah,”ungkapnya. 

Selain itu, Sis Sumanto memastikan jika bantuan handtraktor yang dia dapatkan benar-benar gratis. Malahan ia menyampaikan apresiasi dan terimakasih kepada Kementrian Pertanian, Dinas Tanaman Pangan dan Holtikultura, UPTD Wilayah X yang terus memberikan bantuan dan perhatian kepada petani. 

“Bantuan ini benar-benar gratis. Kita sangat berterimkasih kepada pemerintah pusat dan Pemkab Merangin,” ulas Sis. (boy/coy)

Redaktur : Fia_24