Bupati Al Haris : 2019, Geopark Merangin Dinilai Kembali oleh UNESCO

oleh
529 Kali Dibaca

Merangin – Bupati merangin H. Al Haris terus berupaya agar Geopark Merangin berkembang dan masuk kedalam gugusan Geopark dunia yang diakui oleh UNESCO. Upaya itu kian terbuka ketika Kamis (12/7) Bupati menghadiri Konfrensi Nasional I Geopark Indoneia di Bappenas.

Pada Konfrensi Nasional I Geopark Indonesia yang berlangsung di Gedung Bappenas Jakarta Pusat itu, Bupati meminta langsung kepada menteri yang terkait yaitu Menko Kemaritiman RI, Luhut Binsar Panjaitan; Menteri Pariwisata RI, Arif Yahya; Kepala Bappenas RI, Bambang Brodjonegoro dan Kepala Badan Ekonomi Kreatif RI Triawan Munaf agar membantu percepatan Geopark Merangin Jambi segera menuju Geopark dunia. Dan juga memberi semangat, motivasi serta bantuan dana guna pengembangan geopark Merangin Jambi ini.

Bupati Merangin mengatakan pemerintah pusat serius mengolah geopark ini. Dimana sudah ada 4 geopark Indonesia masuk ke UNESCO dan selebihnya masuk ke geopark nasional. “Kita berharap kedepannya geopark Merangin bisa maju dan diakui oleh dunia. Alhamdulillah tahun 2019 nanti geopark Merangin kembali dinilai oleh pihak UNESCO, “ujar Bupati di sela-sela kegiatan tersebut.

Pada pembukaan Konfrensi Nasional I Geopark Indonesia ini, Menko Kemaritiman RI Luhut Binsar Panjaitan dalam sambutannya mengatakan bahwa geopark Merangin ini sangat unik dan langka. Karena fosil di Merangin sangat tua dan lengkap disana. “Ini merupakan hal yang luar biasa, kedepannya agar bisa dipromosikan lagi. Sehingga bisa menghasilkan dan bisa menjadi pemasukan baik bagi daerah maupun bagi masyarakat setempat, “ujar Luhut Binsar.

“Geopark ini potensi yang sangat besar dan kita berharap masyarakat bersama-sama untuk melihat ini, sehingga bisa mendatangkan devisa bagi daerah kita. Dan wisatawan lokal maupun luar negeri berbondong-bondong untuk mengunjungi daerah tersebut, ”tambah Luhut.

Hadir juga pada Konfrensi ini Menko Maritim, Kepala Bappenas, Menteri Pariwisata, Kepala Badan Ekonomi Kreatif, Kepala Komisi Geopark Nasional, seluruh bupati dan gubernur yang memiliki geopark di Indonesia. Dimana acara ini dibuka langsung oleh Menko Kemaritiman RI Bapak Luhut Binsar Panjitan.(hm/boy)

Redaktur : Fia_24