Target 12 Ribu Anak, Kapus Pematang Kandis Lakukan MR ke Sekolah

oleh
411 Kali Dibaca

MERANGIN – Pemberian vaksin Measles dan Rubella (MR) terus dilaksanakan. Buktinya pada Kamis (9/8/2018) Kepala Puskesmas Pematang Kandis dr Sepheleo turun langsung ke sekolah-sekolah untuk melaksanakan pemberian vaksin. Giat ini dilakukan pasca, pemberlakuan MR serentak secara nasional.

Pada kesempatan ini, pihak Puskesmas Pematang Kandis melakukan pemberian vaksin ke SDN 101/VI. Meski masih menemui kendala terkait masih penolakan dari murid, namun pemberian vaksin MR ini berjalan dengan lancar. Ratusan siswa dan siswi di sekolah tersebut tetap ikut diberikan vaksin.

“Memang ada kendala dan masih adanya penolakan dari wali murid. Tetapi setelah kita berikan penjelasan semua berjalan dengan lancar. Bagi sebagian anak yang takut disuntik kita memahaminya dan kita tunda. Sebab pemberian vaksin ini sampai akhir September nanti, “ungkap pria yang akrab disapa Leo ini.

Namun dikesempatan ini, dia cukup salut dengan sambutan positif dari pihak SDN 101/VI sungai ulak. Adanya kerjasama yang baik, maka hasil yang diperoleh juga cukuo baik. “Vaksin MR ini sangat baik untuk kesehatan. Kita berterima kasih kepada pihak sekolah SDN 101 terutama Kepala Sekolah Siti Aminah yang telah ikut serta memberi pengarahan kepada murid maupun wali murid, “urainya.

Hanya saja, kepada BeritaVille.com, dr Leo menyayangkan ada sebagian sekolah di Kabupaten Merangin, khususnya di wilayah kerja Puskesmas Pematang Kandis, baik tingkat PAUD/TK dan SD yang tidak mau mendukung program ini. Padahal vaksin MR ini sangat menunjang kesehatan anak. Sebab dampak dari penyakit campak dan rubela ini sangat berbahaya, menular, sangat rentan serta bisa berakibat cacat, ataupun kematian. “Saya sangat berharap pihak terkait seperti sekolah-sekolah mendukung program pemerintah ini. Jangan kita berbicara, anak cerdas tapi tidak sehat tapi anak yang Sehat pasti cerdas. Karena umumnya Cerdas dan Sehat itu sama pentingnya. untuk menerima materi pendidikan anak-anak harus sehat. Dan ini salah satu program pemerintah untuk men-sehatkan generasi bangsa, “terangnya.

Untuk itu selaku Kepala Puskesmas Pematang Kandis, ia menghimbau agar masyarakat bisa memahami dan menerima, setiap program yang diberikan pemerintah. Sebab tujuan pemerintah dalam kegiatan ini untuk mensehatkan masyarakat. Khusus program ini dalam waktu dua bulan pihak Puskesmas Pematang Kandis akan memberikan vaksin kepada 12 ribu anak.

“Alhamdulillah hari ini sudah memasuki hari ke sembilan. Jika sebelumnya anak belum mau di vaksin maka selanjutnya maka dipersilahkan langsung ke Puskesmas. Termasuk jika ada keluhan dari orang tua setelah anaknya diberikan vaksin, “jelasnya.

Disamping itu, untuk menunjang percepatan pelayanan vaksin MR ini, pihak Puskesmas Pematang Kandis juga menyediakan posko. Posko ini akan melayani pemberian vaksin dan juga keluhan setelah pemberian vaksin MR. (bca)

Redaktur : Fia_24