Bina Marga DPUPR Merangin Capai Target RPJMD 2018

oleh
858 Kali Dibaca

MERANGIN – Menjejaki Hari Bakti Pekerjaan Umum ke 73 tahun 2018, Bidang Bina Marga Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kabupaten Merangin berhasil melaksanakan kegiatan pembangunan infrastruktur. Berdasarkan arahan dan support Bupati Merangin H Al Haris, Kadis PUPR Merangin M Arief, Bidang Bina Marga Dinas PUPR Merangin sukses membangun infrastruktur yang meretaskan keterisolasian wilayah di Merangin.

Sejumlah kegiatan yang dilaksanakan itu tetap membidik sektor visi dan misi Bupati dan Wakil Bupati Merangin. Sejak tahun 2014-2018, visi dan misi tersebut mampu terealisasi dengan baik. Berbagai kegiatan pembangunan infrastruktur yang dilakukan mulai dari pembangunan jalan dan jembatan. Kini, masyarakat sudah merasakan manfaat dari pembangunan tersebut.

 

“Sesuai dengan kemampuan dan arahan dari Bupati Merangin, kita terus bergerak untuk mencapai target yang tertuang dalam RPJMD Merangin yang berakhir tahun 2018 ini,” kata Kabid Bina Marga DPUPR Merangin, Aspan, ST.

Meski belum seutuhnya meretaskan infrastruktur di Merangin, namun secara umum pembangunan bidang jalan dari 2014-2018 mampu mengatasi keterisolasian wilayah di Merangin. Dibawah komando Kabid Bina Marga Dinas PUPR Merangin, Aspan, ST, serta arahan Bupati Merangin dan Kadis PUPR Merangin, Bina Marga dengan moto Membiasakan yang Benar, Jangan Membenarkan Kebiasaan, tidak hanya terpaku pada alokasi APBD Merangin saja. Sejumlah kegiatan berskala besar baik dari APBD Provinsi Jambi dan APBN mampu diboyong ke Merangin guna meretaskan keterisolasian wilayah.

“Tindakan ini dilakukan, lantaran sejumlah ruas jalan di Merangin terdapat ruas jalan yang berstatus jalan Provinsi Jambi dan Jalan Nasional. Penanganan ini dilakukan sesuai dengan skala prioritas untuk meretas keterisolasian wilayah di Merangin,” urainya lagi.

Baca : Ini Kegiatan Skala Besar APBD di Bina Marga Dinas PUPR Merangin

Sesuai dengan Data yang dihimpun, khusus di bidang pemantapan jalan pada tahun 2014 jumlah jalan status Kabupaten Merangin sepanjang 1.348,85 KM terdiri dari 480 Ruas jalan. Data itu tertera pada SK Bupati Merangin Nomor 12 tahun 2014. Seiring dilakukannya revisi, maka pada tahun 2016 jumlah jalan Kabupaten Merangin menjadi 1.184,407 KM dengan 274 ruas jalan. Data ini juga di SK kan oleh Bupati Merangin dengan nomor 646 tahun 2016.

Secara rinci, pada tahun 2015 jumlah ruas jalan kondisi Mantap yakni baik dan sedang 53,93 persen. Jelang dua tahun berikutnya sesuai dengan SK Bupati Merangin, maka kondisi jalan Mantap tahun 2016 mencapai 68,37 persen. Artinya ada peningkatan sebesar 14,44 persen dengan pemantapan jalan sepanjang 171 KM.

Sementara itu, sesuai dengan target RPJMD Merangin tahun 2018, Bina Marga Dinas PUPR harus mencapai kondisi jalan Mantap pada posisi 71,48 Persen. Ternyata tahun 2018, mampu melebihi target RPJMD yang ditetapkan. Sesuai dengan asumsi pencapaian pemantapan jalan, dari tahun 2017 ke tahun 2018 kondisi jalan Kabupaten Merangin di posisi Mantap sepanjang 30,7 KM, atau 71,95 persen pencapaian dari tahun 2016 ke tahun 2018.

Untuk saat ini, sesuai dengan Visi dan Misi Bupati dan Wakil Bupati Merangin, pada tahun 2023 kondisi pemantapan jalan di Merangin ditarget pada posisi 80 persen. Artinya masih ada angka 8,05 persen ruas jalan yang harus ditangani dalam kurun waktu hingga 2023 nanti. Dalam waktu 5 tahun tersebut, setiap tahunnya Bina Marga harus melaksanakan pemantapan jalan sebanyak 1,61 persen atau 19,6 KM pertahun. Hal itu akan terlaksana jika Bina Marga mendapatkan alokasi anggaran pemantapan jalan sebesar Rp 74.4 Miliar pertahunnya dengan asumsi biaya terendah perKM Rp 3,8 Miliar.

“Pemantapan jalan memang tidak terlepas dari ketersediaan anggaran yang memadai. Makanya selain dari sektor APBD Merangin, kita juga berupaya memboyong sejumlah anggaran dari APBD Provinsi dan APBN yang bisa masuk dalam penanganan jalan Kabupaten. Insya Allah, dengan dukungan dan support Bupati Merangin serta kerja keras Tim Bina Marga, kita optimis hal ini bisa terealisasi dengan baik,” tutupnya. (BCA/Tim)

Baca : Ini Alokasi APBD Provinsi Jambi dan APBN Ke Merangin