Januari 2019, Beras Merangin Segera Louncing

oleh
886 Kali Dibaca

Merangin – Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Kebupaten Merangin telah mempersiapkan program “Gerakan bersama Aparatur Sipil Negara (ASN) mengonsumsi beras lokal untuk kesejahteraan petani merangin”. Hal ini jelas untuk menunjang perekonomian petani untuk terwujudnya Merangin Mantap 2023 bidang pertanian.

Mujiburrahman, Sekdin Tanaman Pangan dan Hortikultura menyebutkan program tersebut tengah dalam proses. Ditargetkan pada awal tahun 2019 program ini sudah siap louncing. “Iya, sekarang tengah dalam tahap pemprosesan. Insya Allah Januari 2019 nanti sudah bisa jalan, “terang Mujibur.

Mujiburrahman menjelaskan beras lokal dan asli Merangin produknya akan dikemas dengan ukuran 10 Kg dan 20 Kg ini. Produk beras ini akan dinamakan Beras Merangin. Pada kemasan itu juga tertera kode dan nama daerah produksi beras misalnya Sungai Manau atau dari Tabir.

“Kedepan, produksinya akan dibentuk sistim koperasi. Sekarang tahapannya sedang dijalankan. Kelompok tani masing masing atau per HRNU atau helernya masing -masing, “ujarnya.

Misalnya, ujar Mujibur padi berasal dari daerah Sungai Manau. Maka kelompok tani di wilayah tersebut yang mengelolanya. “Kalau kami per padi gitu, “terangnya.

Sementara untuk kebutuhan seluruh ASN di Merangin dikalkulasi kurang lebih 60 ton per bulan. Angka itu terpenuhi jika semua ASN mengonsumsi beras Merangin. Namun sayangnya, beras berkualitas asli Merangin tersebut belum ditetapkan besaran harganya. Tapi, ia memastikan jika harga beras tersebut tidak akan memberatkan ASN dan tidak merugikan petani.

“Kedepannya, kita berharap dengan program ini agar masyarakat dan ASN mengenal dan dapat mengonsumsi beras Merangin dan membantu petani Merangin, “harapnya. (Boy)

Redaktur: Fia