Bupati Buat Perbup Untuk Beras Lokal

oleh
755 Kali Dibaca

Merangin – Diwajibkannya Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkup Pemerintah Kabupaten Merangin untuk mengkonsumsi beras asli produksi petani Merangin terus direalisasikan. Pasca launching pada Jum’at (25/1) sampai hari ini beras lokal terus diminati.

Diwajibkannya ASN untuk mengkonsumsi beras lokal, Bupati Merangin H. Al Haris menjelaskan akan mengeluarkan Peraturan Bupati (PerBup) karena di tahun 2016-2017 cukup banyak produksi beras dari petani Merangin. Namun petani kesulitan untuk memasarkan beras tersebut. “Nah makanya kita akan mengambil kebijakan untuk membantu petani dengan mewajibkan ASN untuk mengkonsumsi beras lokal, “jelas Bupati.

Dijelaskan Bupati Merangin H. Al Haris, bahwa selama ini pemasaran beras lokal menjadi salah satu kendala bagi petani padi di Kabupaten Merangin. Oleh sebab itu, Pemerintah Kabupaten Merangin terus berupaya mendukung petani Kabupaten Merangin dengan menjadi pasar dengan cara para ASN diwajibkan membeli beras lokal Merangin.

“Saat lauching ini, kita lihat banyak stok beras kita yang ada di petani. Tapi saat ini para petani kita kesulitan untuk pemasaranya. Jika ini kita biarkan bisa nembuat motivasi petani kita untuk mengolah sawah menamam padi menurun, “ujar H. Al Haris.

Bupati berharap adanya pangsa pasar memasarkan beras Merangin yang mudah dan jelas, tentu akan membangkitkan motivasi petani di Merangin. Terutama lebih neningkatkan kualitas dan hasil produksi pertaniannya.

Dan juga petani Merangin harus mampu memenuhi kebutuhan ASN di Merangin. Karena jumlah ASN di Merangin diperkirakan mencapai 7.000 orang.

“Saya berharap acara ini tidak hanya acara seremonial saja, tapi direalisasikan secara berkesinambungan. Apalagi nanti pegawai intansi vertikal saya minta juga untuk membeli beras lokal. Jadi kebutuhan juga sangat banyak, “tambah Bupati.

Sementara itu Kadis Pertanian, Tanaman Pangan dan Holtikultura Merangin Rumusdar, melalui Kabid Bidang Tanaman Pangan Pargito mengatakan adanya pangsa pasar bagi beras lokal Merangin tentu dapat meningkat perekonomian para petani.

“Disamping itu tujuannya untuk mengajak ASN berperan aktif memajukan usaha petani padi di Kabupaten Merangin. Bahkan juga dapat memotivasi petani untuk meningkatkan produksi dan menumbuh kembangkan ekonomi petani di pedesaan, “terang Pargito. Dan petani Merangin harus mampu memenuhi kebutuhan ASN di Merangin. Karena jumlah ASN di mencapai 7.000 orang. (boy/Tim)

Redaktur : Fia