Potensi Menjanjikan, Bupati H Al Haris Garap Bawang Putih

oleh
209 Kali Dibaca

MERANGIN – Pengembangan bidang pertanian menjadi perhatian serius Bupati Merangin H Al Haris. Tidak hanya berbagai jenis sayur-sayuran dan buah, kini potensi bawang putih mulai dikembangkan di kawasan Jangkat.

‘’Untuk tahap awal kita tanam seluas 27 hektar bawang putih di Jangkat. Mudah-mudahan ini akan berhasil, karena target kita pada 2019 ini seluas 100 hektar, ’’ujar Bupati saat meninjau tanaman bawang putih Jum’at (15/2).

Seluas 27 hektar tanaman bawang putih itu usianya baru dua minggu. Setelah empat bulan kedepan, tanaman bawang putih tersebut sudah bisa dipanen. Untuk satu hektar akan menghasilkan sebanyak enam sampai 6,5 ton bawang putih segar.

‘’Ini merupakan program yang kita jemput dari pusat. Kita telah mendapat SK dari Menteri terkait pengembangan bawang putih ini. Untuk pengembangan bawang putih ini kita telah merangkul investor dari Gerbang Cahaya, ’’terang Bupati.

Nanti polanya jelas bupati, bisa diatur. Apakah petani nanti memakai pola bagi hasil atau pola modal sendiri. Kalau pola bagi hasil mulai dari tanam, perawatan sampai ke panen dilakukan perusahaan, petani hanya sediakan lahannya saja.

Bupati berharap melalui pengembangan bawang putih ini kesejahteraan para petani akan meningkat. Kedepan Kabupaten Merangin akan menjadi central bawang putih di Provinsi Jambi.

Bagaimana pemasarannya? Ditegaskan bupati, untuk pemasarannya jangan khawatir, karena berapa banyak hasil panen nanti sudah ada pihak yang menampungnya.

‘’Selama ini kebutuhan bawang putih di Indonesia dari impor berbagai negara. Pemerintah pusat berharap Kabupaten Merangin dan sejumlah kabupaten lainnya bisa memenuhi kebutuhan bawang putih itu, sehingga tidak perlu impor, ’’jelas Bupati.(hs)

Redaktur : Fia