Waspada, Jembatan Koto Tapus ‘Genting’

oleh
309 Kali Dibaca

MERANGIN – Fasilitas jembatan yang menghubungkan ruas jalan ke Koto Tapus Kecamatan Jangkat, nyaris putus. Kondisi itu diakibatkan jembatan sudah bergesar, malahan membuat longsor disekitar jalan.

Terkait hal ini, Kabid Bina Marga Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Merangin, Aspan menyebutkan belum ada laporan resmi dari pihak Desa ataupun Kecamatan terkait hal tersebut. Namun pihaknya tetap merespon kondisi infrastruktur tersebut.

“Jembatan itu masuk ruas jalan Koto Tapus. Besok kita turunkan tim ke sana, “kata Aspan.

Aspan menyebutkan Tim ini akan melakukan beberapa kajian. Kajian tersebut menjadi bahan utama pihaknya melakukan penanganan. Akan tetapi, seandainya kondisi di lokasi tidak termasuk dalam kategori berat. Maka akan dilakukan dengan penanganan darurat.

“Tim dulu yang kita turunkan ke lokasi. Kalau memang kondisinya memungkinkan, segera dilakukan penanganan darurat, “urai Plt Sekdin PUPR Merangin ini.

Apakah ada dilakukan penanganan secara permanent, Aspan menyebutkan seandainya diharuskan maka penanganan permanent baru bisa dilaksanakan tahun 2020 mendatang. Dia menyebutkan kegiatan ini akan masuk dalam Renja Bina Marga. Saat ini Renja tersebut sedang disusun.

“Penanganan Permanent tidak bisa dilakukan dengan ABT, apalagi kalau jembatan itu dalam kondisi parah. Pembangunan jembatan butuh waktu panjang. Tidak sama dengan kegiatan pembangunan jalan, “urainya lagi.

“Kita tetap akan melakukan penanganan di fasilitas tersebut,” tuturnya. (boy/Tim)

Redaktur : Fia