Mantap, Dedi Wiyarsa Petani Merangin Berprestasi

oleh
389 Kali Dibaca

Merangin – Dedi Wiyarsa, warga Desa Pinang Merah Kecamatan Pamenang Barat Kabupaten Merangin, patut dijadikan cotoh tauladan bagi petani di Merangin. Pria yang mulai menggeluti bidang pertanian sejak 2009 lalu ini sudah membuktikan kebehasilannya.

Berbekal pengalaman yang hanya cukup, di tahun 2009 Dedi mulai mengetuai kelompok tani ‘Karya Tani’. Kelompok ini dibentuk bersama rekan-rekan di desanya. Sejak saat itu, ia bersama Kelompok Tani Karya Tani mulai dari jenis jagung.

Pemberian Penghargaan Adhikarya Pangan Nusantara Tahun 2016

“Kami mencoba memanfaatkan lahan sawit kami yang sedang direflanting dengan menanam jagung. Bahkan kami tanam diperkarangan rumah. Hasilnya alhamdulillah cukup menjanjikan, “ungkap Dedi, Jum’at (14/03/2019).

Diterangkan Dedi, untuk hasil produksi jagung. Perhektarnya bisa menghasilkan 4-5 ton untuk sekali panen.

“Berkat bimbingan dan bantuan dari Dinas Pertanian, Tanaman Pangan dan Hortikultura Merangin, kami selaku petani dapat meningkatkan penghasilan, wawasan dan pengetahuan. Terkhusus ucapan terima kasih kami buat pak Kabid Pertanian dan Tanaman Pangan, Pargito yang senantiasa membimbing kami, “ucapnya.

Keberhasilan itu juga diiringi dengan prestasi yang diraih oleh kelompok Tani Karya Tani ini. Selaku ketua, Kelompok Tani ini sudah dua kali mewakili Kabupaten Merangin dan Provinsi Jambi di tingkat Nasional. Pada tahun 2015, Dedi mewakili Provinsi Jambi sebagai petani berprestasi. Selanjutnya pada tahun 2016 dinobatkan sebagai Adi Karya Pangan Nusantara. Dan di tahun 2019 ini akan mengisi acara “Temu Nasional Penyuluh dan Petani Andalan Menuju Lumbung Pangan Dunia tahun 2045. Kegiatan itu akan dilaksanakan di Stadion Pakan Sari Cibinong Bogor.
“Dengan adanya proses replanting, kami menghimbau masyarakat Merangin umumnya dapat mengolah lahan menjadi lahan pertanian Mono Kultur. Serta para kawula muda jangan gengsi jadi perani, “himbau Dedi.

Terpisah, Kabid Pertanian dan Tanaman Pangan DPTPH, Pargito berharap agar sosok petani Dedi Wiyarsa dapat menjadi motivasi untuk masyarakat atau petani lainnya. Pihaknya siap memberi dukungan seperti benih, alat-alat pertanian dan Saprodi.

“Pihak DPTPH siap mensupport masyarakat yang bersungguh-sungguh ingin menggeluti bidang pertanian demi meningkatkan kualitas ekonomi masyarakat Merangin dan terwujudnya Merangin Mantap 2023, “terang Pargito. (def)

Redaktur : Fia