Masyarakat Dilarang Gunakan Kantong Plastik

oleh
459 Kali Dibaca

MERANGIN – Larangan menggunakan kantong plastik alias asoi mulai diterapkan. Pemkab Merangin saat ini mulai melaksanakan intruksi Wakil Presiden tersebut.

Untuk penerapan larangan penggunaan kantong plastik itu Pemkab Merangin sudah mengeluarkan Surat Edaran. Surat itu ditujukan kepada seluruh toko, swalayan, minimarket dan pebisnis di Merangin. Caranya warga berbelanja tidak menggunakan kantong plastik. Tetapi harus menggunakan tas khusus belanja atau kantong hasil kerajinan tangan seperti bakul atau ambung.

Surat Edaran yang sudah berada pada salah satu Mini Market di kota Bangko

“Sudah ada contoh di suatu kota. Jika belanja tidak lagi mengunakan kantong plastik, namun mengunakan bakul, “ujar Bupati Merangin Al Haris, saat dibincangi BeritaVille.com.

Bupati juga menghimbau para pedagang untuk tidak menghasilkan sampah plastik. Dan juga pedagang dapat mengurangi penggunaan kantong plastik.

“Untuk menerapkan belanja dengan mengunakan bakul atau ambung nanti akan kita bahas. Namun untuk ke pasar harus mengunakan bakul ini juga akan bisa membantu ekonomi masyarakat kita yang ada di Desa, “ungkap Bupati.

Penerapan itu sudah dilakukan dengan mengeluarkan surat edaran Bupati Merangin terkait penggunaan kantong plastik. Surat Edaran ini sudah ditempelkan disejumlah pengusaha retail,minimarket,swalayan, dan toko-toko di Kabupaten Merangin.

Upaya Pemkab Merangin ini juga dibenarkan Kabag Humas dan Protokoler Setda Merangin Hendry Putra. “SE nya sudah ada dan langsung dari Bapak Bupati. Kita selaku masyarakat dan pedagang diminta tidak lagi berlebihan menggunakan kantong plastik, dan dianjurkan menggunakan bakul atau ambung, “terangnya.

Tindakan ini juga didasari Undang-Undang No 18 tentang pengolahan sampah, Peraturan Presiden Republik Indonesia No 97 tahun 2017, peraturan menteri KLHK nomor p.10/MENLHJ/SEKJEN/PLB.04/4/2018. Serta peraturan Bupati Merangun nomor 68 tagun 2018 tentang Jakstrada pengelolaan sampah rumah tangga dan sampah sejenis sampah rumah tangga.(def)

Redaktur : Fia