Ruas Rantau Kermas Lancar, BPBD dan DPKAD Diminta Tanggap Perbaikan Lanjutan

oleh
350 Kali Dibaca

MERANGIN – Pasca banjir bandang yang nyaris melumpuhkan ruas jalan Desa Rantau Kermas Kecamatan Jangkat Timur, kini sudah dilakukan penanganan. Penanganan secara darurat ini dilakukan Tim Bina Marga Dinas PUPR Merangin setelah menurunkan satu alat berat ke lokasi.

Diketahui sejak Sabtu (23/3/2019) sore, ruas jalan tersebut sudah bisa dilalui kendaraan roda empat. Kabid Bina Marga Dinas PUPR Merangin, Aspan memastikan hal itu. Dan penanganan darurat ruas jalan serta beberapa kerusakan akibat banjir bandang sudah dilakukan.
“Sudah selesai dilakukan penanganan. Tetapi penanganan tersebut dilakukan secara darurat dan sekedar fungsional di ruas jalan, “ungkap Aspan.

Secara teknis, di lokasi tersebut memang sangat perlu pekerjaan lanjutan. Sebab dengan kondisi curah hujan yang tinggi, dikhawatirkan longsor dan banjir bandang di lokasi bisa meluas. Pasalnya penanganan yang dilakukan hanya kegiatan kebijakan Dinas PUPR bersama masyarakat setempat “Sebab yang kita tangani ini belum sempurna. Di lokasi butuh penahan jalan serta normalisasi sungai yang diperlebar. Untuk sementara ini kondisi di lokasi sudah normal, “jelasnya.

Untuk itu, Aspan mengharapkan agar OPD terkait yakni BPBD dan DPKAD dapat segera
menggelontorkan kegiatan tanggap darurat. Anggaran itu bisa menyediakan bangunan penyempurna di lokasi.

Kondisi setelah dilakukan penanganan

“Jika peralatan dan tenga teknis, Dinas PUPR siap. Dan terpenting ada support dari BPBD dan DPKAD. Kami berharap dilokasi segera dilakukan penanganan lanjutan. Jika tidak di lokasi kemungkinan akan kembali terjadi, “pungkasnya. (def/tm)

Redaktur : Fia