Panen Raya Perdana Padi Sawah Seling. Bupati Optimis Merangin Surplus Beras

oleh
376 Kali Dibaca

Merangin – Sebanyak 360 hektar lahan padi sawah di Desa Seling Kecamatan Tabir Kabupaten Merangin , Selasa (26/03/2019) resmi panen perdana. Panen raya padi sawah di Seling ini dihadiri langsung Bupati Merangin H Al Haris.

Selain Bupati, tampak hadir perwakilan Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Holtikultura Provinsi Jambi, Kepala BPTP, Danramil, sejumlah OPD, unsur Forkopimda,Camat, Kades dan sejumlah tamu undangan lainnya.

Panen Raya perdana padi sawah di Seling ini berlangsung sukses dan meriah. Bupati Merangin dalam sambutannya sangat mengapresiasi para petani padi di Desa tersebut. Sebab karena kerja keras petani dan kerjasama yang baik dengan Pemerintah Merangin maupun Provinsi, kegiatan ini dapat membantu suksesnya program-program pemerintah.

“Untuk membantu pera petani dalam proses penjualan hasil produksi padi. Kita sudah melaounching program ASN wajib mengkonsumsi beras Merangin. Ini sebagai upaya agar harga jual beras yang produksi petani lokal bisa bersaing,” ujarnya.

Dikesempatan ini, Bupati juga berterima kasih atas pemerintahan Presiden Jokowi yang telah membantu msyarakat dalam bidang pertanian. Dan saat ini petani dapat merasakan manfaat dari program-program pemerintah pusat. “Keberhasilan petani juga merupakan keberhasilan pemerintah. Jika rakyat sejahtera maka pemimpin juga ikut bahagia,” tambah Bupati dan dilanjutkan dengan pemberian bantuan 3 alat semprot untuk 3 kelompok tani.

Terpisah Kepala Dinas Pertanian, Tanaman apangan dan Holtikultura Merangin Ir Rumusdar melalui Kabid Tanaman Pangan Pargito menjelaskan bahwa penen raya ini dilakukan berdasarkan hasil binaan. Dan per Hektar sawah dapat menghasilkan 6.1 ton gabah kering giling. Sedangkan untuk varietas padi dalam kegiatan Korporsai inpara 3 dan inpago 3 sedangkan yang lainnya merupakan varietas infari 30.

“Alhamdulillah, panen raya perdana hari ini berjalan sukse. Kita berharap hasil panen ini dapat membantu menaikkan perekonomian masyakat setempat, dan kita selalu siap dan mensuport para petani agar apa yang dicita-citakan merangin yang unggul di bidang pertanian akan segera terwujud,” terang Pargito.

Untuk menunjang hal itu, Bupati juga sempat mengharapkan kepada para petani. Terutama para Kepala Desa agar membantu sektor infrastruktur di area pertanian warga. “Selanjutnya selaku Pemkab Merangin, Bupati siap membantu dan sensupport para petani.
Sebelumnya kita telah perbaiki jembatan gantung. Jembatan ini sebagai akses menuju lahan pertanian masyarakat Selibg,” ungkap Bupati. (def)

Redaktur : Fia