Pemda Diminta Segera dan Percepat Pencairan DAK

oleh
676 Kali Dibaca

TANGGERANG – Realisasi fisik kegiatan yang bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK) masih mengisakan ‘Pekerjaan Rumah’ bagi Pemerintah Kabupaten Merangin. Walau kegiatan yang bersumber dari APBN khususnya di Kementrian PU mampu terealisasi. Namun saat ini pencairan anggaran dari Pemerintah Daerah masih terlambat.

Hal itu diakui Kepala Pusat Fasilitas Infrastruktur Daerah Kementrian PU Yono Suprapto. Disampaikannya meski realisasi out put dari fisik DAK sudah tampak. Tetapi malah pencairan DAK di masing-masing Pemerintah Daerah terlambat. Diyakininya, untuk wilayah Sumatera hanya Kabupaten Pesisir Selatan yang sudah selesai. “Ini harus jadi atensi Pemerintah Daerah untuk segera dan menyegerakan pencairan DAK. Agar semua berjalan seiring, “ungkapnya dihadapan 172 peserta yang hadir saat sosialisasi kebijakan penyelenggaraan DAK tahun 2020 wilayah barat.

Yono kembali menyebutkan usulan DAK dari kabupaten/kota merupakan tanggungjawab dari Kepala Daerah setempat. Dan usulan DAK setiap tahunnya cukup tinggi. Bahkan mencapai angka Rp 49 Triliun. “Usulan yang masuk itu mencapai Rp 49 Triliun. Tetapi yang disetujui hanya Rp 5 Triliun. Ini disebabkan proses atau tahapan usulan yang belum sempurna. Kedepan jika usulan tidak ada DED maka dipastikan tidak ditindaklanjuti, “jelasnya. (def)

Redaktur : Fia