Kios Agribisnis Beras Lokal Segera Dibangun

oleh
345 Kali Dibaca

MERANGIN – Tanda tanya masyarakat untuk mendapatkan beras lokal Merangin, terjawab. Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Hortikultura (DPTPH) Merangin sedang menyiapkan langkah-langkah melayani masyarakat umum untuk membeli beras lokal hasil petani Merangin. Hal itu dipastikan Kepala DPTPH Merangin Rumusdar melalui Kapala Bidang Tanaman Pangan DPTPH Merangin Pargito. Diuraikannya, saat ini untuk mendapatkan beras lokal Merangin pihaknya sudah menentukan tujuh kawasan lumbung beras. Kawasan lumbung beras tersebut berada di Kecamatan Tabir, Tabir Ulu, Pamenang, Sungai manau, Pangkalan Jambu, Jangkat dan Jangkat Timur.

“Tujuh Kecamatan ini menjadi sentra produksi beras Merangin, “kata Pargito. Namun, dia menyebutkan untuk saat ini masyarakat bisa mendapatkan beras lokal tersebut langsung ke petani. Selain itu juga sudah tersedia di Kecamatan. Sebab para petani penghasil beras Merangin sudah membuat kios atau toko hasil produksi pertanian.

“Jika di wilayah kota Bangko, masyarakat bisa memesan langsung ke Dinas Ketahanan Pangan. OPD itu sebagai leading sektor pemasarannya, “jelas Pargito. Selain itu, dia mengatakan untuk mempermudah mendapatkan hasil produksi pertanian. Pihaknya segera mendirikan kios atau pasar agribisnis di kota kabupaten. Terutama di tujuh kecamatan sentra beras lokal Merangin. Dan juga hasil pertaniannya.
“Khusus peningkatan produksi dan produktifitas pertanian khususnya beras, kita akan dukung dari program kegiatan yang dianggarkan dari APBN dan APBD Merangin, “tutupnya. (ket)

Redaktur : Fia