1500 Ekor Sapi Siap Disembelih pada Idul Adha di Merangin

oleh
279 Kali Dibaca

Merangin – Hari Raya Idul Adha 1440 Hijriah pada Minggu 11 Agustus di Merangin bakal mengorbankan 1.500 ekor sapi. Angka pemotongan hewan qurban itu diprediksi mengalami peningkatan dari tahun 2018 sebanyak 1.300 ekor sapi.

Kepala Dinas Peternakan dan Perikanan Merangin Koprawi melalui Kepala Bidang Peternakan Agus Salim, mengakui jika pihaknya baru saja usai melakukan penyuluhan tata cara penyembelihan hewan Qurban yang Sesuai dengan Pedoman Penerapan Kesejahteraan Hewan pada pemotongan hewan Qurban. “Kita prediksi untuk tahun ini jumlah hewan Kurban mengalami peningkatan dengan total sekitar 1500 ekor, “sebutnya.

Kegiatan yang diselenggarakan di aula Kantor Disnakbun Merangin dihadiri para petugas pemotongan Hewan qurban se Kabupaten Merangin. Hal ini bertujuan memberikan pengetahuan cara memperlakukan hewan saat melakukan pemotongan. Sehingga dapat menghasilkan daging yang aman, sehat, utuh (ASUH). “Yang biasa masyarakat kalau merobohkan hewan itukan diikat dan ditarik rame-rame. Melalui kegiatan ini kita ajarkan bagaimana cara merobohkan hewan tersebut cukup dengan satu orang dan tidak pelu dengan cara kasar seperti biasanya dilakukan masyarakat. Kalau ini dilakukan dengan baik kondisi daging akan ASUH, tak akan mudah busuk, “jelas Agus salim.

Sementara itu, Kadisnakbun Merangin Koprawi menyampaikan jelang hari pemotongan hewan. Pihaknya telah menurunkan petugas untuk melakukan pengecekan dilapangan. Hal itu untuk memastikan bahwa hewan yang akan di qurbankan dalam keadaan sehat.
“Kita telah menugaskan para petugas dilapangan baik itu di Kabupaten maupun di kecamatan untuk melakukan pengecekan hewan, agar hewan hewan yang akan dipotong dalam kondisi sehat, “terangnya.

Dan ini cintoh cara merubuhkan hewan kurban. (Def)

Redaktur : Fia