Masuk Nominasi, Merangin Tatap KKS 2019

oleh
433 Kali Dibaca

MERANGIN – Setelah dilakukannya penilaian verifikasi pada program Kabupaten/Kota Sehat (KKS). Tim Pembina, Tim Teknis serta Forum KKS Merangin, terus gencar melaksanakan tugas untuk mewujudkan Merangin sebagai Kabupaten Sehat. Saat ini, Merangin masuk nominasi penilaian KKS bersama tujuh Kabupaten di Provinsi Jambi. Namun, sejumlah PR besar bagi Tim KKS Merangin masih harus dilakukan terutama kembali menyempurnakan pendataan yang ditetapkan pada indikator penilaian.

Pengecekan Data Di Sekretariat Forum KKS

Pada Rabu (14/8/2019) lalu tim verifikasi KKS yang merupakan perwakilan dari Kemenkes dan Kemendagri hadir di Merangin. Tim langsung disambut oleh Pj Sekda Merangin bersama Kepala OPD yang tergabung sebagai Pembina KKS Merangin. Tim tersebut diantaranya Rima Yuliantis Suharin. Pada sambutannya, Rima mengatakan KKS ini bukan sebagai lomba. Tetapi merupakan langkah utama mengetahui kondisi daerah dan pemerintah daerah dalam menciptakan masyarakat sejahtera. Pada penilaian ini ada indikator serta kelembagaan yang berhubungan langsung ke OPD terkait.

Penilaian ke salah satu sekolah, yaitu SMPN 4 Merangin

“Indikator ini menjadi bahan dasar mewujudkan nilai baik bagi daerah. Didalamnya akan ada sinergitas program di masing-masing OPD. Indikator ini menjadi bahan penting untuk memacu sistim kelembagaan dan peran Forum KKS serta Pembina dalam mewujudkan Kabupaten/Kota Sehat,” kata Rima. Pada kesempatan ini, Rima menyebutkan ia didampingi Kasi Pengamanan Limbah Dit Kesling Kemenkes, Safwan serta Staf Subdid Kesehatan Kemendagri Theresia Lukita Siboro. Tidak hanya melakukan pengecekan dokumen kelembagaan saja, pihaknya juga mengunjungi dan mengecek kondisi lapangan sesuai dengan dokumen yang sebelumnya sudah dikirimkan.

Peninjauan Ds. Sungai Sahut, Tabir Selatan

Usai sambutan tersebut dilanjutkan dengan pemaparan sekilas tentang Forum KKS Merangin Herick Apriyanto, dan ditutup oleh sambutan dari Pemkab Merangin yang disampaikan Kepala Bappeda Merangin, Agus. Kepala Bappeda Merangin sekaligus Ketua Tim Pembina KKS Merangin Agus memaparkan jika Merangin cukup banyak berprestasi di bidang lingkungan hidup dan kesehatan serta kependudukan. Tetapi, dengan adanya verifikasi KKS ini, semakin menguatkan peran Pemerintah dan Forum untuk merangkum indikator. Selanjutnya Kabupaten Merangin lima tahun Kedepan dibawah pimpinan Bupati dan Wakil Bupati Merangin H Al Haris dan H Mashuri, dengan Visi dan Misi Merangin Mantap 2023 unggul di bidang Pertanian dan Pariwisata.

Peninjauan ke TPA, Langling

“Merangin adalah tanah surga tersembunyi dan kabupaten yang memiliki wilayah terluas di Provinsi Jambi. Merangin memiliki berbagai pesona alam dan potensi objek wisata. Potensi ini akan kita bangkitkan kepermukaan, sehingga visit Indonesia ada di Merangin, salah satunya kawasan Geopark dan arung jeramnya, ”urai Agus. Ia mengatakan bangkitnya potensi alam tidak terlepas dari dukungan masyarakat yang sehat dan mandiri. Terlebih lagi dengan tersedianya berbagai fasilitas kesehatan dan infrastruktur yang menunjang dalam mewujudkan hal itu.

“Melalui Forum Kabupaten/Kota sehat ini kita mulai membangkitkan dukungan dan sinergitas masyarakat sejahtera. Kami selaku Pemerintah Daerah sangat mendukung terciptanya indikator pada tatanan KKS ini, ”sebutnya. (Def)

Redaktur : Fia