Di Merangin, Penderita ISPA Tembus 2.727 Orang

oleh
490 Kali Dibaca

MERANGIN – Jumlah masyarakat penderita Infeksi Saluran Pernapasan Akut (ISPA) di Kabupaten Merangin hingga saat ini mencapai angka 2.727 orang. Kondisi ini merupakan dampak musim kemarau panjang yang melanda Bumi Tali Undang Tambang Teliti. Hal itu diungkapkan Wabup Merangin H Mashuri. Penyakit ISPA tersebut mulai menyerang masyarakat sejak dua bulan terakhir.

‘’Berdasarkan data dari Dinas Kesehatan Kabupaten Merangin pada Juni dan Juli 2019, jumlah penderita Ispa sebanyak 2.727 orang penderita, ’’ujar Wabup dibenarkan dr Syarial dari RSD Kol Abudjani Bangko. Data itu lanjut Wabup, berdasarkan keterangan dari 27 Puskesmas yang ada di Kabupaten Merangin. Alhasil kondisi ini perlu dilakukan langkah cepat untuk mencegahan.

‘’Kita telah melakukan antisipasi agar tidak semakin bertambah warga yang terserang ISPA, salah satunya dengan membagikan masker secara gratis kepada masyarakat, ’’terang Wabup. Sedangkan bagi masyarakat yang sudah terjangkit ISPA jelas wabup, sudah dilakukan pengobatan. Baik pengobatan di Puskesmas-puskesmas maupun di Rumah Sakit Daerah Kol Abundjani Bangko.

Selama kemarau ini, wabup minta kepada para orang tua untuk melarang anaknya banyak melakukan aktivitas di luar rumah. Alihkan aktivitas anak di dalam rumah saja, karena kondisi udara yang tidak sehat. (hs/ket)

Redaktur : Fia