1.560 Hektar Sawit Direplanting

oleh
881 Kali Dibaca

MERANGIN – Pemerintah Kabupaten Merangin melalui Dinas Peternakan dan Perkebunan masih melakukan replanting/peremajaan Kelapa Sawit. Diyakini saat ini sudah 1.560 hektar sawit yang direplanting. Hal ini disampaikan Kepala Dinas Peternakan dan Perkebunan Merangin Koprawi saat dibincangi Beritaville.com. Dia mengatakan tahun 2019 lebih kurang 960 hektar perkebunan sawit direplanting. Replanting dilakukan di KUD Hitam Jaya Desa Bungo Antoi, KUD Tani Makmur Desa Rawa Jawa dan KUD Sarana Makmur Desa Sungai Sahut.

“Untuk Desa Bungo Antoi replanting dilakukan seluas 222 Hektar, Desa Sungai Sahut seluas 138 hektar sedangkan untuk Desa Rawa Jaya seluar 190 Hektar. Untuk total keseluruhan replanting tahap pertama ini seluas 550 Hektar, “ungkapnya. Kegiatan replanting ini dilaksanakan melalui dua tahapan. Kegiatan yang disebut diatas merupakan replanting tahap pertama. Sedangkan replanting tahap ke dua akan dilakukan di KUD Suko Makmur dan KUD Sarana Makmur.

“Untuk KUD Suko Makmur seluas 317 Hektar sedangkan untuk KUD Sarana Makmur lahan yang direplanting seluas 92 Hektar. Untuk jumlah dua desa ini yang direplanting seluas 410 Hektar, “katanya. Ia juga menambahkan, setelah dilakukanya replanting pihaknya tidak memberi bibit namun melainkan memberi dana hibah. “Dana hibahnya Rp25 juta perhektar. Disanalah petani menyusun semuanya nanti, untuk tahap ketiga kita akan menargetkan 600 hektar, “ujarnya.

“Kita menargetkan 4 ribu hektar lahan perkebunan sawit yang dilakukan replanting. Kegiatan ini juga dilakukan setiap tahunnya,” cetusnya (def).

Redaktur : Fia