Tertibkan Penerima PKH, Pendamping tak ‘Bernyali’

oleh
322 Kali Dibaca

Merangin – Kucuran APBN mencapai kurang lebih Rp 24 Miliar ke lebih dari 10 Ribu penerima bantuan Program Keluarga Harapan (PKH), diwanti-wanti tak tepat sasaran. Sebab, pihak pendamping PKH Merangin tidak bernyali untuk memasang stiker rumah yang bertuliskan penerima PKH.

Kondisi itu jelas mengindikasikan jika pada program ini masih banyak keluarga seharusnya tak layak menerima bantuan tersebut, malah menerima bantuan. Bahkan kuat indikasi jika keluarga kategori mampu masih terdaftar sebagai penerima PKH

Bahkan di media sosial yang diposting oleh akun Facebook atas nama Lihar. Akun itu memposting di grup Kabar Merangin ‘pak bupati yang terhormat. mohon secepat nya rumah yang dapat PKH dikasih Merekā€¦ Karna byk yg tak pantas menerima pkh’ tulis Lihar.

Hal ini diamini Ade selaku Koordinator PKH Merangin. Dibincangi BeritaVille.Com di ruang kerjanya, Ade menjelaskan jika bantuan PKH tersebut masih banyak yang tidak tepat sasaran. “Iya , kami pun tahu, memang ada beberapa masyarakat yang tergolong mampu namun masih menerima bantuan tersebut. Bahkan itu ada di beberapa desa dan wilayah di Merangin,” terang Ade.

Ade menjelaskan untuk menertibkan hal tersebut masih butuh waktu. Pasalnya terkendala jaminan keamanan para pendamping di desa dan kecamatan. Ia menyebutkan jika tetap dikeluarkan stiker PKH di rumah penerima, pihaknya khawatir tak terjaminnya keselamatan.

“Tidak bisa dipaksa. Jika dipaksa dikeluarkan kami masih takut terkait keamanan kami. Nanti kami dikeroyok atau apalah. Namun kami berharap mereka ini mandiri, atau sadar sendiri. Dan untuk labelisasi rumah bagi penerima PKH tersebut masih dalam proses. Insya Allah mulai di tahun anggaran 2020 mendatang, ” tutup Ade. (def)

Redaktur : Fia