Tiga Warga Pingsan Saat Gali Sumur

oleh
176 Kali Dibaca

MERANGIN – Sumur milik Rosma sedalam 12 meter di RT 09 Desa Karang Berahi Kecamatan Pamenang, membuat tiga warga pingsan. Tiga warga itu pingsan diduga akibat kekurangan oksigen saat masuk ke dalam sumur.

Peristiwa terjadi Selasa (15/10) sekitar pukul 12.30 WIB. Beruntung tiga warga yakni Hadat (18), Abas (25), Saefudin (50) dan Roslandi (38) berhasil diselamatkan. Mereka dibantu warga lainnya dan pihak Kepolisian.

Kapolres Merangin AKBP Lutfi membenarkan hal itu. Dituturkan Kapolres, tiga warga pingsan akibat kekurangan oksigen didalam sumur. Awalnya Hadat dan Abas anak dari yang punya sumur berniat untuk membersihkan lumpur di dasar sumur dengan kedalaman sekira 12 Meter.
“Sumur itu persis berada dibelakang rumah Rosma,” ungkap Kapolres.

Selanjutnya, sebelum masuk ke lubang sumur mereka memasukan mesin penghisap air. Mesin itu dimaksudkan untuk menyedot air keluar sumur. Namun setelah dirasa cukup
mesin tersebut dikeluarkan. Kemudian Hadat masuk ke sumur untuk membuang lumpur. Ketika sampai didasar sumur, ia mengeluh pusing dan langsung jatuh pingsan. Abas yang melihat itu langsung berteriak meminta tolong.

Ketika itu tiba Ketua RT Roslandi untuk menolong. Abas dan Roslandi segera masuk dan menolong. Dengan cekatan mereka mengevakuasi Hadat yang sudah pingsan. Usai Hadat sampai di permukaan sumur. Abas dan Roslandi mengeluh pusing. Saat itu juga dua warga tersebut langsung pingsan. Warga lainnya yang melihat kondisi yakni Saepudin bersama warga lainnya segera membantu.
“Pertama Abas sampai ke atas. Namun saat mengevakuasi, tubuh Roslandi terjatuh. Dan Saefudin berhasil mengevakuasi Roslandi. Mereka langsung dibawa ke Puskesmas. Dugaannya korban pingsan dan sesak nafas dikarenakan kurangnya oksigen didasar sumur. Saat ini tidak ada korban jiwa, korban menjalani perawatan serius di RSD Bangko,” jelas Kapolres. (ket)

Redaktur : Fia