Wah, Diberikan Pekerjaan Kontraktor Malah Masih ‘Nakal’

oleh
907 Kali Dibaca

MERANGIN – Hasil evaluasi pencapaian kegiatan fisik dibawah naungan Bidang Bina Marga Dinas PUPR Merangin, cukup membanggakan. Namun dibalik itu, ternyata masih banyak rekanan atau kontraktor ‘nakal’. Tindakan kontraktor ‘Nakal’ tersebut dikarenakan banyak yang tidak mengikuti arahan dan Rancangan Anggaran Biaya (RAB) kegiatan. Selain itu juga tertitik pada lambannya pekerjaan yang dilakukan rekanan.

“Ya, kami sudah memiliki catatan-catatan terhadap kontraktor nakal itu,” kata Kabid Bina Marga, Aspan. Dipastikannya, catatan tersebut akan menjadi bahan utama guna mendapatkan pekerjaan di tahun berikutnya. Hasil pantauan dilapangan, masih ada perkejaan fisik yang sengaja ‘dimainkan’ pihak rekanan guna mencari keuntungan. Malahan rekanan juga mengutarakan berbagai alibi guna menutupi kesalahan pekerjaan yang mereka lakukan.

“Yang bagus pekerjaannya cukup banyak. Kita akan fokus hasil pekerjaan rekanan yang tidak beres itu,” sebutnya.

Dicontohkan Kabid Bina Marga, saat dirinya Sidak ke pekerjaan bahu jalan pada ruas Pasar Rantau Panjang-Mampun. Disitu, dirinya menemukan jika besi wiremesse beton tidak menggunakan besi dudukan wiremesse. Namun pihak rekanan hanya menggunakan batu sebagai pengganti besi tersebut. Ketika ditanya, pihak rekanan beralibi jika kehabisan besi untuk digunakan sebagai Wiremesse. Dan besi sedang dibeli. Padahal pekerjaan sedang dilakukan pengecoran.

“Sudah saya tegaskan untuk dipasang. Kalau masih juga main-main dan beralasan. Kita akan bongkar untuk melihat kebenarannya. Ini sebagian kecil saja, termasuk juga terpal sebagai alas cor semen yang sangat kurang,” tegas Aspan.

Yang jelas Aspan menegaskan pihaknya tetap mengevaluasi hasil kerjaan rekanan tersebut. “Itu sebagian kecil saja, semua kegiatan harus sesuai RAB,” tegasnya.

Bahkan, Aspan memastikan para kontraktor ‘nakal’ terhadap pekerjaan yang dilakukan tetap dievaluasi.
“Ini juga jadi bahan utama evaluasi terutama untuk pekerjaan ke rekanan di tahun depan,” pungkas Aspan. (ket)

Redaktur : Fia