Awas, Bahaya Limbah B3

oleh
182 Kali Dibaca

Merangin – Menerapkan PP Nomor 101 tahun 2014 tentang pengelolaan limbah Bahan Berbahaya dan Beracun (B3), Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Merangin gencar melakukan sosialisasi, Sosialisasi ini dititik beratkan pada pengelolaan sampah dan limbah B3.

Kegiatan yang digelar Rabu (06/11/2019) ini dilaksanakan Bidang Pengelolaan Sampah dan Limbah B3 Dinas Lingkungan Hidup Merangin. Kegiatan yang dengan nara sumber Nur Laksana, Kasi Pengelolaan Sampah dan Limbah B3 Dinas LH Provinsi Jambi, mendapatkan sambutan positif dari peserta. Peserta sendiri berasal dari instansi terkait, Pasyankes, Puskesmas dan pihak perusahaan yang menghasilkan limbah B3.

Dijelaskan Budi Hermanto, selaku Kepala Bidang Pengelolaan Sampah dan Limbah B3 Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Merangin sosialisasi ini diharapkan masyarakat dan pihak terkait serta perusahaan mengetahui bahaya dan dampak dari limbah B3. Selain itu agar bisa mengetahui cara memilah dan menangani limbah B3 dengan baik dan benar. “Intinya kita memberikan sosialisasi kepada instansi terkait, seperti perusahaan, Posyankes, rumah sakit, PLKB, bagai mana cara penanganan limbah B3 dengan benar, “terang Budi.

Terkait kasus kontaminasi limbah B3 terhadap masyarakat, Budi memastikan hal itu belum terjadi. Tetapi pihaknya selalu berkoordinasi dan sosialisasi baik ke pihak terkait maupun ke Dinas LH Provinsi Jambi. “Jangan ada kejadian akibat limbah B3 ini, sejauh ini belum ada, baik itu secara pantauan kita maupun pengaduan masyarakat, “ujarnya.

Sementara itu kedepan diharapkan pengelolaan limbah B3 akan lebih tertata dengan baik. Termasuk juga masyarakat dapat menyadari mana yang sampah biasa dan limbah B3. “Kita inginkan masyarakat dapat memilah sampah tersebut dan menyadari akan bahaya limbah B3. Jika sampah rumah tangga bisa berakhir di TPA, jika limbah B3 kita harap dikelola dengan benar oleh pihak terkait, “tutup Budi. (def)

Redaktur : Fia