H Al Haris Jalin Kerjasama dengan LIPI

oleh
183 Kali Dibaca

Merangin-Berbagai upaya dilakukan Bupati Merangin H Al Haris di tingkat pusat, untuk mempercepat lajunya pembangunan berbagai bidang di Bumi Tali Undang Tambang Teliti.

Pada Kamis (21/11), bupati bersama sejumlah kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD), melakukan kunjungan kerja ke Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), Jakarta Selatan.

Bupati bersama rombongan diterima Kepala LIPI Laksana Tri Handoko, Sekretaris Utama LIPI Nur Tri dan Plt Deputi Bidang Jasa dan Ilmiah Mego P di Ruang Rapat Pimpinan Sasana Widya Sarwono Lantai 2 Gedung LIPI, Jakarta.

Di ruang yang sangat nyaman itu, bupati memaparkan berbagai potensi yang dimiliki Kabupaten Merangin. Terutama potensi pertanian, sehingga terbentuk Kebun Raya Daerah.

‘’Kita juga punya lahan kopi yang luasnya ribuan hekter. Kebun kopi ini tentunya terluas di Provinsi Jambi. Kualitas Robusta Merangin juga nomor satu di Indonesa, karena sering menjadi juara pertama di tingkat nasional,’’ujar Bupati.

Untuk pengembangan Kopi Robusta Merangin itu, bupati tengah mengurus perizinannya di Kemenkumham RI. Diharapkan bupati, nanti keberadaan ribuan hektar kebun kopi dan hasil panennya itu akan lebih terkelola dengan baik.

Selain itu, bupati juga memaparkan adanya proyek kebun Nira (aren) yang sedang dikembangkan. Melalui proyek ini kedepan, Merangin juga akan menjadi daerah penghasil gula merah terbaik di Indonesia.

Sementara itu Kepala LIPI Laksana Tri Handoko, menyambut baik upaya H Al Haris menjalin kerjasama dengan LIPI. Bahkan Laksana Tri Handoko sangat mengapresiasi berbagai terobosan yang dilakukan bupati, terlebih bidang pertanian.

‘’Ini sangat baik sekali, dimana Kabupaten Merangin membangun sebuah Kebun Raya Daerah, yang dimulai dari nol dan sekarang sudah terlihat hasilnya. Begitu juga dengan produk kopi yang sangat besar,’’ujar Kepala LIPI.

Ribuah hektar kebun kopi yang dimiliki Merangin itu sangat lengkap, mulai dari pembibitan sampai ke buah yang melimpah. Apalagi kualitas dari kopi Robusta itu sendiri sangat bagus, sehingga perlu tindaklanjut pengelolaannya.(teguh/humas)