Kabupaten/Kota Sehat Tanggungjawab Semua Rumpun OPD

oleh
420 Kali Dibaca

MERANGIN – Bupati Merangin H Al Haris melalui Sekretaris Daerah H Hendri Maidalef kembali menegaskan para OPD. Ketegasan ini dilontarkan saat Rakor Bidang Sosial Budaya dan Administrasi Pemerintahan Bappeda Merangin, Kamis (28/11).

Pada kesempatan ini, Sekda menyebutkan pada 19 November 2019, Merangin telah menerima penghargaan Swasti Saba Padapa. Penghargaan ini diberikan oleh Mendagri dan Menkes RI. “Ini merupakan aperesiasi Pemerintah Pusat ke Pemda yang sudah melaksanakan Kabupaten Kota Sehat (KKS), “ujar Sekda.

Diuraikan Sekda, KKS adalah suatu kondisi kabupaten/kota yang bersih, nyaman, aman dan sehat untuk dihuni penduduk. Kondisi ini dicapai melalui terselenggaranya penerapan tatanan dan kegiatan yang terintegrasi yang disepakati masyarakat dan pemerintah daerah. Tujuan KKS ini, kata Sekda agar tercapai kondisi kabupaten/kota bersih, aman, nyaman dan sehat untuk dihuni dan sebagai tempat bekerja bagi warga. Hal ini dicapai dengan cara terlaksananya berbagai program. Bukan hanya program kesehatan tetapi juga program lainnya. Dan ini dapat meningkatkan sarana, produktivitas dan perekonomian masyarakat.


“Untuk pertama kalinya tahun 2019 ini Kabupaten Merangin berhasil masuk nominasi verifikasi lapangan KKS tingkat Nasional dan meraih Swasti Saba Padapa, “sebut Sekda. Selanjutnya, ujar Sekda hal ini menjadi langkah awal Kabupaten Merangin melalui kelembagaan Forum KKS, Tim Pembina dan Tim Teknis Kabupaten Sehat. Ini masih berorientasi pada tatanan pemukiman, sarana dan prasarana sehat dan tatanan kehidupan masyarakat sehat yang mandiri.

“KKS bukan hanya tanggung jawab OPD rumpun bidang Kesehatan saja. Tetapi juga rumpun disemua OPD, “pungkasnya. (ket)

Redaktur : Fia