Layanan konseling keluarga berencana dan kesehatan reproduksi Merangin saat pandemi Covid-19

oleh
219 Kali Dibaca

BERITA VILLE.Com. MERANGIN : Ditengah derasnya upaya pemerintah dalam memerangi pemaparan pandemic Covid-19 dari berbagai lintas sektoral, kali ini Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DPPKB) Kabupaten Merangin melakukan pelayanan dan penyuluhan KB secara gratis akibat Pandemic Covid-19, dan mengikuti standar kesehatan yang telah ditetapkan didalam pemberantasan virus corona.

Dihubungi langsung diruang kerjanya, Kepala Dinas PPKB Kabupaten Merangin Drs. Elvis Suryadinata mengatakan menyikapi dengan semakin maraknya virus corona saat ini, maka untuk layanan konseling keluarga berencana dan kesehatan reproduksi di Kabupaten Merangin saat ini dilakukan secara online, apabila ingin melakukan konseling terkait KB dan Kespro maka dapat menghubungi Balai Penyuluh KB Kecamatan yang ada di Kabupaten Merangin, Pnyuluh KB atau Petugas Kesehatan (bidan) terdekat.

Menurut Elvis sesuai dengan surat edaran BKKBN No. 08 tahun 2020 tentang pembinaan kesertaan KB pada situasi Corona Virus Desease, namun pelayanan KB sebagai bagian dari pelayanan kesehatan dasar, tetap dilaksanakan sebagai langkah antisipasi terjadinya putus pakai pemakaian kontrasepsi dan memberikan pelayanan kepada peserta baru bagi para pasangan usia subur pada situasi darurat/khusus, secara cuma-cuma kepada masyarakat. Ketersediaan alat kontrasepsi seperti Pil, Kondom, suntik, implant dan iud, lengkap, namun penggunaannya tetap dengan berpedoman kepada protokol kesehatan.

” Tujuannya pertama adalah melaksanakan pembinaan kesertaan ber-KB bagi para pasangan usia subur atau pengguna kontrasepsi, kedua menjaga keberlangsungan pemakaian alat kontrasepsi. Selanjutnya mencegah dan menurunkan terjadinya putus pakai pemakaian alat kontrasepsi. Mencegah dan menurunkan angka kehamilan yang tidak diinginkan, serta meningkatkan pemakaian kontrasepsi pasca persalinan keguguran “. Sambung Elvis.

Ditanya apakah ada target khusus dalam penanganan KB ini, Kadis PPKB mengatakan bahwa ada ” iya, targetnya yaitu pasangan yang tidak menginginkan kehamilan dan kelahiran, serta pasangan subur yang tidak ingin punya anak, namun tidak ikut KB. Makanya kita telah menyiapkan dibeberapa kecamatan untuk pemasangan alat kontrasepsi secara gratis, yaitu di Kecamatan Bangko, Tabir Selatan, Tabir Lintas, Renah Pamenang dan Pamenang, ini telah terlaksana semenjak pandemic Covid-19. ”

Ditambahkan oleh Kadis PPKB ” perlu saya sampaikan juga, bahwa kita juga telah menyiapkan Klinik KB di kantor kita ini, kita beri nama Klinik KB Kencana Kabupaten Merangin, gunanya juga melayani penyuluhan KB Secara Gratis sebagai wadah Komunikasi, Informasi dan Edukasi, Hak Kesehatan Reproduksi dan MKJP & Non MKJP “. tutup Elvis. (OSO)